Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa

Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa
Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa

Siswa adalah generasi penerus bangsa. Generasi yang nantinya akan menjalankan roda pemerintahan dan roda ekonomi bangsa ini. Generasi yang dididik untuk berpikir secara logis dan sistematis oleh segudang pengetahuan yang diberikan oleh kampus. Tidak hanya itu, mereka juga dididik dan dilatih oleh sejumlah soft skill di luar jam kuliah dengan berpartisipasi dalam kegiatan organisasi intra kampus dan organisasi ekstra kampus.

Kehidupan seorang siswa yang tampaknya tak henti-hentinya harus diimbangi dengan tubuh dan jiwa yang sehat sehingga ia tetap bisa produktif dalam menjalankan segudang kegiatan yang dihadapinya. Salah satu caranya adalah mempertahankan gaya hidup sehat. Namun, seringkali siswa mengabaikan hal ini.

Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa
Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa

Dari mulai tidak ada waktu, hingga merasa malas. Seringkali, siswa drop ketika mereka terlalu lelah untuk menghadapi kegiatan kuliah, melakukan tesis, dan mengurus organisasi. Mengapa? Salah satunya adalah karena tidak mempertahankan gaya hidup sehat. Pertanyaannya adalah, bagaimana bisa menjadi generasi berikutnya jika Anda tidak memiliki tubuh yang sehat untuk mendukung semua kegiatan ini?

Saya selalu tidak berpikir, seberapa sibukkah siswa sehingga mereka tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga? Sama seperti Deddy Corbuzier dan Agnes Monica yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi, mereka masih meluangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 1 jam sehari dan meluangkan waktu untuk makan makanan bergizi. Ya, ini bukan selebritas, tapi ada terlalu banyak alasan panjang lebar. Pada akhirnya, jika Anda sakit, salahkan situasinya. Padahal, ini berawal dari gaya hidup yang salah.

Pada dasarnya, gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang dilakukan secara teratur. Tidak perlu lama. Cukup lakukan jogging ringan, kunjungi gym atau pusat kebugaran, bermain sepak bola / bola basket, setidaknya selama setengah jam hingga satu jam setidaknya tiga kali seminggu. Lakukan olahraga apa pun yang Anda sukai secara teratur. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari alih-alih makan makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi santan, dan makanan cepat saji.

Jika mahal, seperti mengunjungi pusat kebugaran atau mengonsumsi buah-buahan dan sayuran karena mereka masih pelajar, cobalah olahraga murah seperti jogging dan latihan beban yang hanya menggunakan berat badan seperti push up, pull up, squat dan papan. . Pindahkan pantatmu, bangsat! Makanan sehat tidak mahal.

Cobalah mengunjungi pasar tradisional untuk membeli sayuran dan buah-buahan segar, dan belajarlah memasak sendiri di rumah atau di rumah kos. Untuk dirimu juga. Beli rokok, tetapi beli sayuran dan buah-buahan ketika Anda tidak bisa? Bisakah Anda nongkrong setiap sore di kafe Instagramable sendirian, tetapi bisakah Anda menghabiskan waktu berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk masa depan?

Suatu ketika, ketika paru-paru kita tertular virus, dokter akan menyarankan kita untuk minum obat. Dalam beberapa hari, kuman mati, kita dinyatakan sembuh. Sebagian besar penyakit yang kita derita adalah penyakit degeneratif kronis. Yaitu penyakit tidak menular yang murni karena tindakan kita sendiri. Penyakit-penyakit ini tidak tiba-tiba muncul dalam semalam.

Tetapi hadir sebagai konsekuensi dari akumulasi kegiatan kita sehari-hari mulai dari makan berlebihan, kurang olahraga, merokok, kurang istirahat, stres yang kemudian menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Memang benar, negara telah berupaya untuk mensejahterakan kesehatan warganya dengan Program Asuransi Kesehatan Nasional, BPJS. Alhamdulillah kami memiliki asuransi kesehatan di luar BPJS. Tetapi obat-obatan dan perawatan yang dilakukan oleh dokter dan perawat di rumah sakit tidak gratis, dan tidak ada jaminan pemulihan. Prosesnya panjang dan menyakitkan! Sudah begitu, belum tentu sembuh.

Bukan hanya masalah kesehatan, dengan mengkonsumsi makanan sehat secara rutin dan berolahraga secara teratur akan mengubah penampilan kita menjadi lebih tampan, dan tentu saja, kita akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari Tidak perlu muluk-muluk agar atletis seperti Chris Evan the Captain America dan Gal Gadot the Wonder Woman. Cukup menjalani kehidupan yang sehat, kita akan jauh lebih produktif untuk menjalani segudang kegiatan di kampus.

Cobalah juga, sebisa mungkin melakukan tugas kuliah dan tesis di siang hari ketika tubuh kita masih penuh energi, alih-alih melakukannya di malam hari ketika tubuh kita lelah, ujung-ujungnya akan mengubah jam biologis tubuh kita untuk beristirahat secara alami.

Menginstal tugas kuliah Anda, misalnya selama setengah jam setiap hari di siang hari, jangan lakukan seperti Sangkuriang, yang semalaman sebelum mengumpulkan tugas. Rasakan manfaatnya jika Anda telah memasuki dunia kerja karena kebiasaan baik yang telah kami bangun sejak lama.

Prinsip prinsip di atas adalah investasi. Tidak perlu agresif seperti orang yang sedang balapan; karena hasil yang diperoleh benar-benar akan diperoleh jika kita konsisten dan sabar dalam melaksanakannya untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Anda adalah apa yang Anda makan.

Anda adalah apa yang Anda makan. Anda adalah apa yang Anda makan. Kita melihat bagaimana orang Jepang tetap produktif di usia mereka, daripada duduk terpaku seharian menonton televisi karena lutut mereka tidak lagi cukup kuat untuk berjalan pergi. Bagaimana hal itu terjadi? Karena mereka rajin berlatih dan mengonsumsi makanan sehat, dan menjalani gaya hidup sehat sejak muda!

Salah satu kampus terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung, memiliki kursus olahraga yang merupakan mata pelajaran wajib untuk semua siswa baru di Institut Teknologi Bandung yang berjumlah sekitar 3000 siswa per tahun dengan tujuan agar semua siswa tahu bagaimana caranya.

menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan melalui pendekatan kegiatan olahraga. Tidak bisa dihindari, sukarela atau dipaksakan, semua mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung mengikuti serangkaian program olahraga yang telah dirancang. Dan tentu saja kita harus meniru ini.

Sebagai penutup, izinkan saya mengutip salah satu hadis berikut, “Dari Abu Hurairah Allah (ra dengan dia), ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata, Orang-orang beriman yang lebih kuat lebih dicintai oleh Allah SWT daripada lemah beriman, dan keduanya baik. Bersikap tulus untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagi Anda dan meminta bantuan dari Allah (dalam semua urusan Anda) dan jangan pernah merasa lemah.

Be the first to comment

Leave a Reply