Selain Ikan, Ada Beberapa Makanan Yang Tinggi Omega 3

Di tengah aktivitas yang intens, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan bugar. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan adalah asupan omega 3, yang ditemukan di banyak jenis ikan seperti salmon, tuna, dan sarden.

Omega 3 sendiri adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri. Asam lemak baik ini berguna untuk mengendalikan tekanan darah, memperlambat penumpukan plak di dinding arteri, bahkan zat yang satu ini juga diyakini mampu meningkatkan pemikiran dan mengurangi risiko demensia di usia tua.

Selain Ikan, Ada Beberapa Makanan Yang Tinggi Omega 3
Selain Ikan, Ada Beberapa Makanan Yang Tinggi Omega 3

Telah lama dikenal sebagai salah satu nutrisi yang terdapat pada ikan, ternyata beberapa makanan juga mengandung omega 3 yang tidak kalah tinggi dengan ikan. Ingin tahu? Dilaporkan oleh Reader’s digest, berikut adalah ringkasan dari lima makanan tinggi omega 3 selain ikan:

1. Minyak canola

Selain kadar lemak tak jenuh yang tinggi, minyak canola juga mengandung kadar omega 3 yang cukup tinggi. Hanya dalam tiga sendok makan minyak canola, setidaknya ada 1.300 mg omega 3 yang cukup untuk mendukung kebutuhan harian tubuh. Karena kandungan lemak tak jenuh dan omega 3 yang tinggi, minyak canola dapat digunakan untuk menjaga stabilitas berat badan dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2 telur

Selama ini telur dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein. Selain protein, ternyata telur juga mengandung kadar omega 3 yang cukup tinggi, lho.

Terutama pada telur dari ayam yang diberi makanan organik, dalam satu telur terkandung sekitar 115 mg omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak. Namun Anda harus, selalu memperhatikan cara mengolah telur agar kandungan omega 3 di dalamnya tidak rusak.

3. Kacang kedelai

Bagi Anda vegetarian, kedelai dapat menjadi menu alternatif untuk memenuhi kebutuhan omega 3 harian. Dalam setengah cangkir kedelai rebus, ada sekitar 300 mg asam lemak esensial omega 3.

Selain itu, kedelai juga kaya protein dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Karena kombinasi omega 3, protein dan serat di dalamnya, kedelai dapat digunakan sebagai camilan sehat yang mengenyangkan.

4. biji chia

Belakangan ini, biji chia telah menjadi salah satu makanan super paling populer yang sering digabungkan menjadi berbagai makanan penutup. Tidak hanya kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang membuat biji hitam ini begitu populer, mereka juga kaya akan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Padahal, kandungan omega 3 dalam biji chia diyakini lebih tinggi dari pada ikan, lho. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 dari biji chia, Anda bisa mengolahnya dengan smoothie, yogurt, oatmeal, puding, atau diolah menjadi kue kering.

5. Labu

Selain kedelai, buah labu juga kaya akan omega 3 yang ramah bagi vegetarian. Meski tidak sebanyak makanan lain, 50 mg omega 3 dalam satu cangkir labu dapat membantu memenuhi kebutuhan omega 3 per hari. Tidak hanya itu, labu juga rendah lemak dan kalori sehingga sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan sehat dan lezat.

Leave a Reply