7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Daun bawang sering dijadikan sebagai pelengkap masakan. Aromanya yang khas bisa menambah kenikmatan suatu hidangan.

Biasanya, daun bawang menjadi topping untuk hidangan berkuah seperti bakso, sup, atau mi ayam. Tak cuma sebagai penyedap, rupanya daun bawang termasuk kaya bakal vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, lho.

Berikut sudah kami rangkum tujuh manfaat daun bawang untuk kesehatan:

7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan
7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

1. Menjaga kebugaran pencernaan

Daun bawang punyai takaran serat larut yang tinggi, dan juga kaya bakal prebiotik. Kombinasi keduanya berfaedah untuk menambah kebugaran pencernaan.

Prebiotik bakal membuahkan asam lemak rantai pendek (SCFA) yang bisa kurangi inflamasi dan memperkuat kebugaran pencernaan. Selain itu, asupan prebiotik termasuk bisa menambah penyerapan nutrisi tubuh.

2. Menyehatkan rambut

Daun bawang mempunyai kandungan bermacam mineral terasa berasal dari mangan, besi, vitamin C, dan folat. Konsumsi daun bawang secara rutin bisa menambah kebugaran rambut.

Daun bawang kaya bakal besi supaya bisa menolong perkembangan folikel rambut. Sayuran berlendir ini termasuk kaya vitamin C, yang bisa menambah penyerapan besi pada tubuh, supaya bisa menahan kerontokan rambut.

3. Baik untuk kebugaran tulang

Kandungan vitamin K yang tinggi pada daun bawang bakal mengaktifkan osteocalcin, type protein yang mutlak untuk kebugaran tulang.

Satu cangkir daun bawang mempunyai kandungan setidaknya 42 mikrogram vitamin K. Jumlah selanjutnya bisa mencukupi 47 persen kebutuhan vitamin harian perempuan dan 34 persen kebutuhan harian laki-laki.

4. Menjaga kebugaran jantung

Manfaat daun bawang lainnya adalah ada komponen yang bisa menurunkan inflamasi dan juga melindungi kebugaran jantung.

Menurut studi th. 2011 berjudul A Review on The Dietary Flavonoid Kaempferol, komponen kaempferol pada daun bawang bisa menurunkan risiko serangan jantung atau kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

5. Antikanker

Selain bisa melindungi kebugaran jantung, komponen kaempferol pada daun bawang termasuk bisa melawan beberapa type kanker. Dilansir Healthline, kaempferol ini bisa kurangi inflamasi, membunuh sel kanker, dan menahan penyebaran sel kanker.

Tak cuma itu daun bawang termasuk kaya bakal allicin, komponen sulfur yang termasuk berperan sebagai antikanker. Sebuah penelitian pada th. 2011 yang dipublikasikan di dalam jurnal PubMed menunjukkan, orang yang mengonsumsi daun bawang secara rutin punyai peluang kanker pencernaan 46 persen lebih rendah.

6. Melindungi pembuluh darah

Daun bawang mempunyai kandungan flavonoid dan kaempferol yang bisa melindungi pembuluh darah berasal dari radikal bebas. Komponen kaempferol bakal menstimulasi memproses nitric oxide.

Nitric oxide selanjutnya bakal sebabkan pembuluh darah beristirahat dan kurangi risiko hipertensi. Selain itu, daun bawang termasuk kaya bakal vitamin K yang berfaedah bagi seluruh jaringan tubuh.

7. Menjaga takaran kolesterol sehat

Serat punyai peran mutlak di dalam kurangi takaran kolesterol dengan langkah memperlancar pergerakan usus. Ia termasuk bisa menolong mengeluarkan kolesterol berlebih di dalam tubuh dan kurangi memproses kolesterol di organ hati.

Daun bawang termasuk mempunyai kandungan komponen antiseptik yang menolong tubuh melawan infeksi. Dengan demikian, daun bawang bisa menurunkan takaran kolesterol jahat (LDL).

Leave a Reply