7 Jenis Makanan Sehat untuk Memulihkan Cedera Saat Olahraga

7 Jenis Makanan Sehat untuk Memulihkan Cedera Saat Olahraga
7 Jenis Makanan Sehat untuk Memulihkan Cedera Saat Olahraga

Asupan makanan sehat juga dapat membantu mempercepat pemulihan cedera yang dialami sebagai hasil dari latihan atau olahraga. Tentu saja, juga dengan perawatan tambahan atau pengobatan yang tepat dari cedera Anda menderita. Berikut di bawah ini adalah jenis makanan untuk memulihkan cedera:

1. Makanan sehat yang tinggi protein

Berdasarkan beberapa penelitian, protein terbukti membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot tubuh. Dengan mengkonsumsi asupan protein yang cukup juga akan membantu memulihkan bagian tubuh yang terluka dan membangun kembali jaringan otot yang rusak. Anda bisa mendapatkan protein tinggi asupan makanan sehat dengan makan daging, ikan, unggas, tahu, kacang-kacangan atau biji.

7 Jenis Makanan Sehat untuk Memulihkan Cedera Saat Olahraga
7 Jenis Makanan Sehat untuk Memulihkan Cedera Saat Olahraga

2. Makanan sehat tinggi serat

Makan sehat dengan kandungan serat yang tinggi cenderung memiliki berbagai nutrisi yang penting untuk pemulihan tubuh. makanan sehat kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat Anda makan untuk memenuhi persyaratan ini.

3. Makanan sehat tinggi Vitamin C

Berdasarkan penelitian, vitamin C terbukti dapat membantu tubuh memproduksi kolagen untuk membantu menjaga integritas tulang, otot, kulit dan tendon tubuh. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mempercepat waktu pemulihan tubuh dengan mencegah tingkat yang lebih parah peradangan. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah jeruk, paprika merah dan kuning, sayuran berdaun gelap, kiwi, brokoli, buah, tomat, mangga dan pepaya.

4. Omega 3 asam lemak

Peradangan yang berlangsung sama sebagai akibat dari pemulihan cedera akan menghasilkan panjang waktu pemulihan. Untuk itu, cara yang tepat untuk mencegah peradangan yang berlebihan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung omega-3 lemak. Anda bisa mendapatkan asupan makanan sehat adalah dengan makan ikan, ganggan, kenari, biji rami dan biji chia yang disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Makanan sehat zinc yang tinggi

makanan sehat yang mengandung zinc termasuk yang dibutuhkan dalam masa pemulihan, perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Jika Anda kekurangan zinc asupan makanan yang mengandung itu akan memperpanjang memperpanjang waktu pemulihan tubuh. Makan makanan sehat yang kaya akan seng, seperti daging, ikan, kerang, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Makanan sehat yang kaya vitamin D dan kalsium

Selain gigi yang baik dan tulang, ternyata kalsium juga terlibat dalam kontraksi otot dan saraf sinyal. Beberapa makan, sumber sehat yang kaya akan kalsium termasuk produk susu, sayuran berdaun hijau, ikan sarden, brokoli, okra, almond, rumput laut dan tahu. Sedangkan vitamin D memiliki manfaat dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Kalsium dan vitamin D memiliki peran penting dalam masa pemulihan, terutama rehabilitasi cedera tulang.

7. Makanan sehat yang mengandung creatine

Creatine terbukti lebih mampu mempromosikan pengembangan massa otot dan kekuatan hilang selama periode pemulihan tubuh, yang berlangsung selama dua minggu daripada plasebo. Creatine adalah zat alami yang dapat ditemukan dengan mudah pada sumber makanan sehat seperti daging sapi, unggas, dan ikan.

Be the first to comment

Leave a Reply