Bukan Hanya Nasi, Ini 5 Alternatif Praktis, Sarapan Sehat

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, sarapan adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain sebagai pengganti energi yang hilang saat tidur, sarapan dengan makanan bergizi akan meningkatkan daya pikir dan fokus pada otak, sehingga semua aktivitas bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Biasanya, orang Indonesia makan nasi dan lauk pauk seperti telur atau sayur tumis sebagai menu sarapan. Selain mengisi, beras dianggap sebagai sumber energi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Selain nasi, ada beberapa alternatif sarapan yang bisa Anda makan, lho. Padahal, kontennya lebih sehat sehingga aman bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Bukan Hanya Nasi, Ini 5 Alternatif Praktis, Sarapan Sehat
Bukan Hanya Nasi, Ini 5 Alternatif Praktis, Sarapan Sehat

Apa pun? Mari kita lihat lima alternatif sarapan sehat yang tidak kalah lezat:

1. Oatmeal

Selain nasi, oatmeal bisa menjadi alternatif sarapan yang lebih sehat dan lebih praktis. Selain sebagai sumber energi, oatmeal kaya akan kandungan serat yang dapat menghambat kolesterol jahat ke dalam tubuh.

Sebagai menu sarapan, oatmeal dapat dikombinasikan dengan susu, madu, dan buah-buahan segar. Pisang, aneka beri, kiwi, dan buah-buahan lainnya akan membuat oatmeal lebih lezat dan kaya nutrisi.

2. Granola

Terdiri dari gandum, kacang-kacangan, buah kering, minyak, dan madu, granola bisa menjadi pilihan menu sarapan yang sehat dan mengisi. Dengan kadar lemak tak jenuh, protein, dan lemak yang tinggi, granola dapat membuat tubuh segar dan kenyang lebih lama.

Agar lebih lezat, granola bisa dipadukan dengan potongan buah segar dan yogurt. Makan granola yang dikombinasikan dengan yogurt di pagi hari akan membuat sistem pencernaan lebih sehat.

3. Muesli

Mirip dengan granola, muesli adalah bahan makanan sehat yang terdiri dari gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Bedanya, muesli tidak mengandung minyak atau pemanis, jadi rasanya lebih tawar.

Tapi jangan khawatir, muesli yang kaya serat dan protein dapat dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah segar sebelum disajikan. Muesli juga lezat disajikan bersama dengan susu hangat sehingga teksturnya lebih lembut saat dimakan.

4. Sereal

Ini dia salah satu pengganti beras yang populer di Indonesia. Dengan berbagai rasa dan bentuk, sereal sangat populer di kalangan orang dewasa dan anak-anak.

Meskipun dikenal sebagai sarapan alternatif yang kaya vitamin dan serat, beberapa sereal mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi sehingga Anda harus lebih selektif dalam memilih sereal untuk sarapan. Beberapa yang sangat dianjurkan adalah cornflake atau sereal jagung atau sereal dengan bahan utama gandum.

Gabungkan sereal dengan susu cair sehingga teksturnya lebih lembut. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar atau beku sesuai selera.

5. Roti gandum

Terakhir adalah roti gandum. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi dari roti putih biasa, roti gandum dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga pencernaan lebih sehat.

Selain itu, beberapa jenis roti gandum yang dicampur dengan berbagai kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung. Roti gandum dapat ditambahkan dengan selai kacang, keju, dan buah-buahan segar. Anda juga dapat memproses roti gandum seperti roti panggang Prancis dengan memanggangnya dengan pengocok telur. Semoga berhasil!

Leave a Reply