Selain Garam, Berikut 5 Makanan Yang Mengandung Yodium Tinggi

Tidak hanya menjadi makanan penyedap, garam juga mengandung yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Yodium berkhasiat mencegah penyakit seperti gondok, mempertahankan fungsi kelenjar tiroid, sehingga dapat mencegah stroke.

Selain itu, tubuh kita tidak dapat memproduksi yodium sendiri, sehingga nutrisi yodium dibutuhkan dari makanan yang kita makan. Namun sayangnya, selain kandungan yodiumnya tinggi, garam juga mengandung sodium yang tidak kalah tinggi.

Mengkonsumsi natrium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Karena itu, banyak orang menghindari mengonsumsi garam. Meski demikian, tubuh tetap harus mendapat asupan yodium yang memadai.

Selain Garam, Berikut 5 Makanan Yang Mengandung Yodium Tinggi
Selain Garam, Berikut 5 Makanan Yang Mengandung Yodium Tinggi

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa makan garam, karena ada sederet bahan alami dengan kandungan yodium yang tidak kalah tinggi. Apa pun? Dilansir oleh Healthline, lima makanan sehat berikut ini mengandung yodium tinggi:

1. Rumput Laut

Anda bisa mengonsumsi rumput laut sebagai pengganti garam yang lebih sehat. Selain sebagai sumber yodium yang baik, rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Tidak hanya itu, rumput laut juga rendah kalori, lho.

2. Ikan Cod

Salah satu jenis ikan putih yang memiliki tekstur halus dan rasa yang ringan memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, serta mengandung berbagai mineral dan nutrisi. Ikan rendah lemak memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi. Bahkan, yodium dalam cod dapat memenuhi 66 persen dari kebutuhan harian tubuh.

3. Produk susu

Tahukah Anda bahwa berbagai produk susu seperti keju dan yogurt juga mengandung yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah yodium yang dimiliki juga bervariasi.

Misalnya, secangkir susu dapat memberikan 59 hingga 112 persen dari kebutuhan yodium harian dalam tubuh. Sementara itu, yogurt dapat memenuhi setengah dari kebutuhan yodium harian yang direkomendasikan.

4. Tuna

Tidak hanya rendah kalori, tinggi protein, dan sumber omega-3 yang baik, ikan tuna juga mengandung yodium cukup tinggi, yaitu sebanyak 11 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Selain itu, tuna juga mengandung zat besi dan vitamin B.

5. Telur

Dalam telur mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Selain itu, kuning telur juga mengandung yodium yang dapat memenuhi 16 persen dari kebutuhan harian tubuh.

Leave a Reply