5 Tips untuk Menyajikan Sereal Sarapan Sehat

Selain nasi dan roti, sereal adalah makanan yang sering disajikan sebagai menu sarapan sehat. Terbuat dari gandum atau biji-bijian lain, sereal diyakini lebih sehat karena kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk pencernaan.

Meski dianggap sehat, ada juga sereal yang telah dipadukan dengan berbagai rasa dan pemanis buatan agar terlihat lebih menarik. Padahal, pemanis dan pewarna buatan bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan saat menyajikan sereal agar tetap sehat dan pastinya lezat:

5 Tips untuk Menyajikan Sereal untuk Sarapan Sehat
5 Tips untuk Menyajikan Sereal untuk Sarapan Sehat

1. Perhatikan label nutrisi pada kemasan

Sebelum membeli sereal, luangkan waktu untuk memeriksa tabel nutrisi yang tercetak di samping atau belakang kemasan sereal. Dilaporkan oleh Reader’s Digest, dalam paket sereal yang sehat harus mengandung setidaknya 4 gram serat di dalamnya.

Selain itu, pastikan juga kandungan kalori sereal yang akan dibeli tidak lebih dari 200 kalori. Asupan kalori yang terlalu banyak di dalam tubuh akan memicu kenaikan berat badan.

2. Pilih sereal yang rendah gula dan perasa buatan

Tidak hanya serat dan kalori yang harus diperhatikan, pastikan juga sereal tidak mengandung terlalu banyak pemanis dan pewarna buatan. Sereal sehat memiliki kandungan gula tidak lebih dari 4 gram per sajian.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan tingkat pewarna tambahan dalam sereal. Semakin mencolok warna sereal, semakin banyak pewarna buatan yang dicampur menjadi sereal.

3. Kombinasikan dengan buah-buahan

Agar sereal yang Anda sajikan lebih beraroma, buah-buahan bisa menjadi alternatif. Campurkan berbagai buah-buahan seperti pisang atau berbagai beri sebagai pemanis sereal. Selain menciptakan rasa yang lebih enak, buah-buahan akan melengkapi nutrisi yang sebelumnya tidak ada dalam semangkuk sereal.

4. Campur dengan kacang

Selain buah-buahan, Anda juga bisa menambahkan kacang untuk menambah rasa dan tekstur pada sereal. Kombinasi sereal dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang mete, atau pistachio akan menghasilkan tekstur renyah yang membuat hidangan lebih menggoda. Kacang juga kaya protein dan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur.

5. Ganti susu hewani dengan susu nabati

Biasanya sereal disajikan dengan susu sapi agar rasanya lebih enak. Namun bagi Anda yang sedang berdiet, susu sapi bisa diganti dengan susu kedelai atau susu almond.

Susu nabati mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk proses pencernaan. Selain rendah lemak, susu nabati juga kaya protein yang berguna untuk mendukung metabolisme dan menjaga kekebalan tubuh.

Leave a Reply