5 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Sarden

5 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Sarden
5 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Sarden

Sarden adalah salah satu jenis ikan yang cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, banyaknya produk sarden kalengan membuat orang kerap mengolah sarden kalengan sebagai hidangan selera.

Selain memiliki rasa gurih yang lezat, rupanya sarden juga menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Lantas, apa manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi sarden? Berikut ulasannya :

5 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Sarden
5 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Sarden

1. Kaya akan mineral

Sarden adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan sumber mineral. Sarden mengandung zat besi, kalsium, dan fosfor yang berkhasiat membantu mengendalikan tekanan darah, dan mencegah tubuh dari risiko anemia dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, vitamin D-nya juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi.

2. Mencegah penyakit jantung

Sarden juga kaya akan vitamin B12. Zat ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dengan mencegah pembekuan darah di arteri. Selain itu, sarden juga mengandung banyak omega 3, yang sangat baik untuk mencegah risiko serangan jantung.

3. Kontrol risiko kanker usus besar

Makan sarden secara teratur tampaknya juga membantu mencegah kanker. Vitamin D dan kalsium yang terkandung di dalamnya sangat efektif mencegah kanker usus besar dan dubur dengan membunuh sel-sel kanker dan mencegah penyebarannya.

4. Kaya protein

Selain kalsium, ikan sarden juga dikenal memiliki kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Kedua zat ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit. Tidak hanya itu, protein dan asam amino dalam sarden juga memainkan peran penting dalam mempercepat aliran oksigen dalam tubuh.

5. Mengurangi risiko radang sendi

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan lebih rentan terhadap penyakit, mulai dari Alzheimer, radang sendi, hingga berkurangnya sensitivitas sensorik. Makan sarden dapat mengurangi risiko penyakit. Kandungan omega 3 dan kalsium yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mengasah daya ingat, serta menguatkan tulang dan sendi.

Be the first to comment

Leave a Reply